Ana

Selasa, 17 April 2018

Berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan





            Sudah lama saya ingin berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Kebun binatang yang terletak di Jakarta ini adalah tempat wisata murah meriah yang dikelola oleh pemerintah. Beberapa tahun yang lalu, kebun binatang ini kabarnya agak terbengkalai. Kebun binatang itu kemudian dirombak sehingga menjadi lebih baik.
            Saya akhirnya mendapat kesempatan saat libur hari Sabtu. Sebenarnya saya tidak terlalu berniat saat itu. Pikiran untuk mengunjungi kebun binatang itu karena saya mendengar kata “Ragunan” disebut-sebut dalam perjalanan saya hari itu. Saya pun memilih naik bus jurusan ke Ragunan.
            Perjalanan menuju ke Ragunan ternyata memakan waktu hampir 2 jam. Saat tiba di sana, hari sudah menjelang sore. Pengunjung, termasuk saya, tidak boleh lagi untuk masuk ke dalam area kebun binatang. Saya sempat kesal dan sedih. Setelah duduk beberapa saat, saya bertekad untuk datang lagi esok harinya.
            Keesokan harinya, saya bangun lebih pagi dan bersiap-siap untuk pergi ke kebun binatang. Saya menyiapkan botol minum dan beberapa camilan untuk perjalanan piknik saya itu. Saya pun menempuh rute yang sama dengan kemarin. Saya tiba di Kebun Binatang Ragunan sebelum siang menjelang.
            Untuk masuk ke dalam area kebun binatang, pengunjung harus menggunakana kartu Jakcard. Kartu ini adalah uang elektronik yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Harga tiket masuknya hanya Rp 4000 saja. Harga tiket ini langsung dipotongkan ke saldo kartu.
            Area kebun binatang ini sangat luas. Ada pengelompokan binatang menurut kelasnya. Petunjuknya pun lengkap sehingga pengunjung tidak perlu bertanya untuk mencari satwa apa yang akan dikunjungi.
            Saya berjalan kaki untuk menjelajahi kebun binatang yang luas itu. Ada jalan setapak yang khusus dibuat bagi pejalan kaki. Jalan setapak ini dinaungi oleh pohon-pohon rindang yang sejuk. Menyenangkan sekali.
            Dalam kunjungan kali ini, saya berhasil memotret beberapa satwa penghuni Kebun Binatang Ragunan. Beberapa fotonya saya gunakan untuk mengisi rubrik fauna di Majalah Bobo, majalah anak tempat saya numpang berkarya.
            Setelah berjalan-jalan selama beberapa jam, tibalah waktunya bagi saya untuk pulang. Masih banyak tempat yang belum saya jelajahi. Saya bertekad suatu saat nanti akan kembali lagi. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini