Ana

Minggu, 20 Juli 2014

Ilmu Pengetahuan Tak Bertuhan (?)




            Banyak yang mengatakan kalau ilmu pengetahuan itu tidak bertuhan. Ketika kita mempelajari tentang ilmu pengetahuan itu, Tuhan (atau dalam hal ini agama), dianggap tidak ada. Pandangan ini supaya ilmu tersebut tetap objektif dan tidak terpengaruh nilai benar salah seperti dalam ajaran agama.
            Dalam beberapa hal, saya setuju dalam hal ini, untuk melepaskan agama ketika mempelajari ilmu pengetahuan. Namun, saya tidak setuju kalau harus melepaskan Tuhan. Buat saya, Tuhan itu maha kuasa dan maha tahu. Ketika kita mempelajari ilmu pengetahuan, sering kali kita mentok di suatu titik di mana akal budi tidak bisa menjelaskannya lagi.
            Tentang melepaskan agama, saya juga harus belajar dari sejarah di mana keyakinan agama tidak selamanya benar. Bumi yang datar dan berujung jurang adalah salah satu kesalahan yang pernah dipertahankan sampai ada orang yang kehilangan kebebasan dan nyawanya. “Kebenaran” saat itu terbukti menjadi suatu kesalahan di abad-abad berikutnya.
            Sampai saat ini, saya belum pernah sampai pada titik di mana iman saya harus bertentangan dengan agama. Yang ada juga ilmu pengetahuan saling dan agama saling melengkapi. Ketika ilmu pengetahuan tidak lagi bisa menjawab, maka Tuhanlah yang menjawab. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini