Ana

Kamis, 13 Januari 2022

Ketupat Napu

 



            Tumbuhan kantong semar atau Nepenthes memiliki banyak nama di berbagai daerah. Tumbuhan karnivora ini dikenal dengan nama ketupat napu di daerah Katingan di Kalimantan Tengah. Saat pertama kali mendengarnya, saya heran. Apakah tumbuhan ini ada hubungannya dengan ketupat?

            Ternyata memang ada hubungannya dengan ketupat. Ketupat yang dimaksud ini bukanlah ketupat yang dibuat dari anyaman daun kelapa yang biasanya terkenal menjelang Lebaran. Ketupat ini adalah nasi yang dimasak di dalam kantong semar ini. Kantongnya menjadi tempat alami untuk membuat ketupat.

            Selain menggunakan bahan nasi biasa,ketupat napu juga bisa dibuat menggunakan beras ketan. Jadinya tentu saja agak berbeda. Beras ketan yang dimasak akan menjadi ketupat yang lengket.

            Saya pernah mencoba kedua isi ketupat ini karena penasaran. Saya berusaha mengabaikan fakta kalau dalam kantong itu pernah ada serangga-serangga yang terjebak kemudian dicerna oleh kantong semar. Rasanya enak juga, kok. Silakan dicoba saat mengunjungi Kalimantan Tengah. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini