Ana

Jumat, 12 Juni 2020

Penginapan Khusus untuk Para Perawat

 


            Pada saat pandemi Covid-19 ini, para tenaga medis harus bekerja lebih keras. Selain banyaknya pasien yang harus dirawat, mereka juga harus mengenakan pakaian yang mirip astronaut. Pakaian alat pelindung diri (APD) ini, menurut teman-teman saya yang perawat, benar-benar tidak enak untuk dikenakan. Jauh beda lah sama daster buluk rumahan.

            Virus Covid-19 ini memang menakutkan dan dapat mengenai siapa saja. Para perawat yang kemungkinan bersentuhan dengan pasien Covid-19 memiliki risiko besar tertular virus ini. Risiko ini tidak hanya ditanggung oleh mereka sendiri. Keluarga mereka juga harus menanggungnya.

Saya pernah membaca berita tentang dokter dan perawat yang terpaksa tinggal berjauhan dengan keluarganya karena tidak mau keluarganya sampai tertular apabila ia tak sengaja membawa virus tersebut. Hal ini tentunya terasa berat bagi yang memiliki anak.

Namun, ada beberapa berita yang membuat saya sedih dan prihatin. Ada beberapa orang yang menolak kehadiran perawat di daerahnya. Ada pula tenaga medis yang ditolak di tempat kosnya. Alasannya tentu saja karena mereka berpotensi besar membawa virus dari tempat mereka bekerja.

Syukurnya ada solusi untuk masalah ini. Beberapa RS menyiapkan tempat menginap khusus untuk tenaga medisnya. Pemerintah daerah di beberapa tempat juga ada yang menyediakan penginapan khusus untuk tenaga medis. Di tempat ini mereka dapat beristirahat dengan nyaman tanpa ada orang yang menolaknya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini