Ana

Minggu, 29 Desember 2019

Pasar Kahayan yang Terlihat Seperti di Luar Negeri (?)


            Pasar Kahayan terletak di tepi Sungai Kahayan di Palangkaraya. Pasar ini bukanlah satu-satunya pasar di ibu kota Kalimantan Tengah itu. Selain ini masih ada beberapa pasar di kota tempat saya dibesarkan ini. Namun, pasar ini  selalu mengesankan bagi saya.
            Sudah beberapa tahun ini bangunan Pasar Kahayan diperbarui. Pasar itu berada dalam bangunan yang plafonnya tinggi. Bagian atasnya transparan sehingga sinar Matahari menjadi penerangan alami bagi pasar ini. Kios-kiosnya ditata sesuai dengan barang dagangannya. O ya, pada awal dibangun dulu, pasar ini juga dilengkapi dengan troli seperti di pasar swalayan.
            Pada akhir tahun 2019 yang lalu, saya beberapa kali mengunjung Pasar Kahayan untuk membeli beberapa keperluan. Pada kesempatan itu, saya menyempatkan memotret Pasar Kahayan dan mengunggahnya di media sosial. Ada beberapa komentar tentang unggahan ini. Beberapa di antaranya menyangka pasar itu berada di luar negeri karena bersih dan terlihat keren.

            Melihat komentar itu, saya tidak langsung membalas. Namun, saya punya pendapat sendiri tentang hal ini. Sesuatu yang bagus dan bersih sebenarnya sudah cukup banyak di Indonesia. Dengan perlahan bangsa ini mulai memperbaiki cara hidup. Komentar tentang luar negeri membuat saya agak sedih. Seakan-akan merendahkan bangsanya sendiri. Saya jadi terpicu untuk lebih banyak membagikan informasi tentang sesuatu yang bagus dan bersih tentang Indonesia. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini