Ana

Minggu, 27 Oktober 2019

Kelereng Mainan Masa Kecil


            Kelereng menjadi salah satu permainan yang turut mewarnai kehidupan saya. Bola-bola kecil ini dimainkan saat jam istirahat sekolah ataupun di sore hari. Saat masih balita, saya sangat suka memainkan kelereng. Saya juga mengoleksi kelereng yang lucu-lucu motifnya.
            Seiring berjalannya waktu, permainan kelereng lebih banyak dimainkan oleh anak laki-laki. Entah apa alasannya. Mungkin karena permainan ini dimainkan di tanah. Biasanya permainan ini dimainkan dengan cara memasukkan kelereng ke dalam lubang. Cara memasukkannya dengan menjentikkan jari ke kelereng yang dibidik. Pemenangnya adalah orang yang paling banyak memasukkan kelereng ke dalam lubang.
            Saat bertumbuh dewasa, saya tidak lagi mengingat tentang kelereng. Saya baru teringat kembali ketika ada acara anak-anak yang mengangkat  tema tentang permainan tradisional Indonesia. Permainan tradisional sekarang sudah tidak terlalu popular karena digantikan oleh gawai. Padahal permainan tradisional memiliki banyak manfaat antara lain tubuh yang bergerak dan kerja sama dengan orang lain.

            Saat ini permainan kelereng sudah menjadi sejarah. Banyak anak Indonesia yang tidak lagi memainkannya. Bahkan ada juga yang tidak pernah melihat kelereng seumur hidupnya. Saya sampai merasa sangat bersyukur karena bertumbuh bersama kelereng. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini