Ana

Sabtu, 13 April 2019

Buku: Bill Walsh, The Score Takes Care of Itself




            Saya membaca buku ini karena ada rekomendasi dari beberapa orang. Sebagai seorang yang rutin membaca buku, tentu saja saya penasaran membaca buku ini. Saya membelinya di toko buku online tetapi tidak langsung membacanya. Buku ini baru saya baca beberapa bualn setelah saya membelinya.
            Buku ini berisi tentang kehidupan dan juga filosofi kehidupan Bill Walsh yang pernah menjadi pelatih San Francisco 49ers, sebuah klub sepak bola Amerika (American football). Konon kabarnya, filosofi kehidupannya itu berguna dalam kehidupan sehari-hari.
            Membaca buku ini benar-benar menambah pengetahuan dan wawasan bagi saya. Sejujurnya saya tidak tahu sama sekali tentang aturan permainan american football. Football ala Amerika ini berbeda sekali dengan sepak bola yang biasanya saya lihat. Saya bahkan kurang paham apa peran para pemain di pertandingan ini.
            Buku ini menjelaskan tentang pandangan dan juga pengalaman Bill Walsh dalam memimpin timnya. Tim yang dulunya tidak dipandang karena tidak pernah juara, berubah menjadi juara Super Bowl beberapa kali. Tentunya hasil ini perlu usaha, tenaga, dan juga strategi. Di sinilah kepemimpinannya diuji.
            Ada beberapa hal yang cukup berkesan bagi saya dari filosofi kehidupan Bill Walsh ini, antara lain caranya memperlakukan anggota timnya. Ia memperlakukan mereka semua sebagai manusia. Yang menariknya, Bill Walsh tetap menjaga jarak dengan timnya itu. Tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat juga.
            Dalam kesehariannya, Bill Walsh berpenampilan rapi. Ia juga menetapkan standard tinggi dalam etos kerja yang harus diikuti oleh seluruh timnya. Etos kerja yang baik inilah yang menurutnya menghasilkan score yang baik. The score takes care of itself. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini