Ana

Selasa, 12 Maret 2019

Menjadi Juri Karya Tulis Anak Kelas 1 Sampai Kelas 6




            Pada bulan Maret 2019 ini saya mendapat kesempatan menjadi juri lomba karya tulis anak-anak. Para pesertanya beraneka ragam usianya. Beragam usia tentunya juga beragam kemampuannya. Rasanya agak tidak adil apabila hanya memilih yang terbaik.           Saya akhirnya memilih beberapa karya terbaik berdasarkan usianya. Ada karya tulis anak kelas 1 yang menurut saya bagus. Karya tulis sederhana itu sangat “bercerita”. Namun, apabila dibandingkan dengan karya tulis lainnya, apalagi yang kelas 6, karya itu cemen banget, deh.
            Ternyata pemikiran yang sama juga dipikirkan oleh juri-juri lainnya. Akhirnya kami sepakat untuk memilih karya-karya tulis yang sesuai dengan usia anaknya. Tulisan sederhana karya anak kelas1 SD yang saya anggap bagus itu menjadi salah satu pemenangnya.
            Saya cukup terkesan dengan karya-karya tulis yang dikirimkan kali ini. Ada banyak karya yang dikirimkan oleh anak-anak dari daerah luar Jakarta. Ada beberapa tempat, sepertinya desa atau kota kecil, yang saya tidak tahu letaknya di mana. Walaupun tidak dapat dianggap sebagai ukuran yang pasti, ini menandakan kalau di daerah-daerah tersebut minat anak pada literasi masih ada. Tentunya ini kabar yang menyenangkan bagi pegiat literasi seperti saya. Semoga saja lebih banyak anak Indonesia yang gemar menulis dan melahirkan karya-karya tulis yang baik dan berguna. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini