Ana

Jumat, 15 Februari 2019

Menjadi Seksi Konsumsi




            Saya cukup sering menjadi panitia suatu acara. Pengalaman menjadi panitia, terutama di organisasi non profit, mengajarkan saya untuk dapat bekerja sama dengan orang lain. Pengalaman ini sangat berguna dalam pekerjaan saya sehari-hari yang sering kali harus berhubungan dengan orang lain.
            Selama menjadi panitia, saya sudah mencoba beberapa posisi, mulai dari pembantu umum sampai posisi ketua. Saya paling jarang menjadi seksi konsumsi. Biasanya dalam senuah komunitas, pasti ada seseorang atau beberapa orang yang lebih suka mengurusi konsumsi. Nah, saya bukan orang yang seperti itu. Itu sebabnya saya hampir tidak pernah menjadi seksi konsumsi pada sebuah panitia.
            Suatu kali, saya diminta menjadi seksi konsumsi untuk perayaan Natal warga Kalimantan. Keluarga saya memang berasal dari Kalimantan. Dari tahun ke tahun saya cukup sering menjadi panitia acara ini, tetapi saya tidak pernah menjadi seksi konsumsi.
            Saat pertama kali diminta, saya hampir menolak. Namun, saya malah meminta waktu untuk memikirkannya lebih dulu. Dalam masa berpikir dan perenungan itu, saya akhirnya memutuskan untuk menerima tanggung jawab itu. Selain menantang diri saya sendiri, saya juga yakin bisa. Mengelola konsumsi pada acara zaman sekarang ini artinya berhubungan dengan pihak katering yang umumnya profesional di bidang itu. Saya juga kenal dengan beberapa orang yang berpengalaman mengurusi konsumsi.
            Dalam masa persiapannya, ternyata tidak mudah juga, ya. Ada banyak tantangan, terutama soal biaya. Kalau mau yang mudah, biayanya mahal. Kalau yang murah, banyak hal yang bikin susahnya. Untuk memilih katering saja perlu banyak pertimbangan. Saya akhirnya memilih katering yang sudah pernah bekerja sama sebelumnya dengan kegiatan panitia ini.
            Setelah bernegosiasi, saya diminta untuk mencoba makanan yang dihidangkan (test food). Nah, ini salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan dari tugas ini. Saya mencoba beberapa jenis makanan enak, termasuk yang tidak saya pesan. Pulang dari tempat itu, saya sampai kekenyangan dan mengantuk.
            Pada saat pelaksanaan acara, saya deg-degan. Saya mengecek semua persiapan, termasuk piring-piring dan gelas. Teman-teman yang berpengalaman saya minta juga ikut mengecek supaya tidak ada yang tertinggal. Syukurlah acara ini dapat berjalan dengan baik. Pengalaman pertama ini dapat dikatakan cukup sukses. Saya memberi laporan saya dengan lega. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini