Ana

Sabtu, 10 November 2018

Gerakan Pita Maha di Bali


            Saat mengunjungi Ubud di Bali, saya beberapa kali mendengar tentang Pita Maha. Saya pikir itu sebuah nama tempat. Ternyata Pita Maha ini tidak hanya terkait dengan nama tempat. Rasa penasaran saya itu terjawab saat saya menemukan buku tentang Pita Maha. Buku yang ditulis oleh Wayan Kun Adnyana itu ternyata ditulis berdasarkan disertasinya. Saya langsung membacanya tak lama setelah membelinya.
            Pita Maha adalah gerakan sosial dalam bidang seni di Ubud beberapa puluh tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1930-an. Saat itu ada gerakan sosial para seniman Ubud yang digerakkan oleh orang-orang yang saat itu masih muda. Mereka membuat karya seni yang bebrbeda dengan pakem tradisional yang sudah dilakukanselama ratusan tahun.
            Dalam buku yang saya baca itu, kebanyakan karya seninya berupa lukisan. Para pelaku gerakan pita maha pun kebanyakan pelukis. Mereka membentuk komunitas atau himpunan yang mengelola karya mereka untuk dipamerkan dan juga untuk dipasarkan. Ada pula yang menganggap Pita Maha sebagai sebuah usaha perdagangan karya seni. Namun, sebenarnya yang dimaksud dengan Pita Maha jauh lebih besar daripada sebuah usaha dagang.
            Ada beberapa karya seni yang dibahas dalam buku ini. Dari karya-karya itu dapat dilihat adanya gaya baru dalam seni lukis. Gaya baru itu ada yang berakar pada seni yang sudah ada sebelumnya, ada juga yang benar-benar baru. Cara berpikir dalam menghasilkan karya-karya itu berbeda dengan generasi sebelumnya.
            Para pelaku gerakan Pita Maha pada saat itu masih muda. Ada beberapa yang dapat dikatakan berusia remaja. Mereka memberontak pada aturan yang sudah ada dan kemudian menjadi gerakan baru yang terkenal. Gerakan sosial kesenian ini sempat terhenti karena adanya perang dunia pada saat itu. Setelah itu, gerakan Pita Maha dapat dikatakan meredup. Namun, tidak demikian dengan gejolak seni di Bali, terutama di  Ubud. Sampai saat ini Ubud masih menjaid kota yang penuh kesenian. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini