Ana

Rabu, 10 Oktober 2018

Memasyarakatkan Astronomi


            Sudah sejak lama saya berminta pada bidang astronomi. Sejak kecil dan tinggal di kota kecil berlangit cerah. Bintang-bintang yang ada di langit malam membuat penasaran. Bintang-bintang itu hanya terlihat seperti titik berkelip-kelip dari Bumi saking jauhnya. Di kota-kota besar, seperti tempat tinggal saya saat ini, bintang hampir tidak kelihatan. Benda langit yang paling jelas terlihat hanyalah Bulan. Langit memang misterius.
            Minat saya akan astronomi tidak pernah hilang. Bahkan saat ini makin menjadi-jadi saat saya bertemu dengan orang-orang yang juga berminat pada astronomi. Teman-teman itu tergabung dalam Himpunan Astronomi Amatis Jakarta (HAAJ) yang bertemu secara rutin dua minggu sekali.
            Orang-orang di sekitar saya, dan kebanyakan orang Indonesia tidak terlalu berminat pada astronomi. Bahkan banyak juga orang yang meyakini bahwa Bumi itu datar. Saya rasanya juga pernah menuliskannya di blog ini, mengomentari pendapat aneh yang ketinggalan jaman itu.
            Saya mendapat kesempatan untuk berkarya di sebuah media anak. Salah satu rubriknya adalah antariksa. Rubrik ini kami pilih karena anak-anak sekarang ini memang suka antariksa. Informasi ini kami dapatkan dari survei yang dilakukan sekitar 2 tahun yang lalu.
            Saya termasuk orang yang cukup rajin mengisi rubrik antariksa. Saya tetap membuat artikel antariksa walaupun tidak ada target untuk pekerjaan itu. Saya bahkan dengan rela hati menyebarkannya ke media sosial yang saya miliki. Saya harap makin banyak orang yang tahu tentang astronomi. Saya dan teman-teman penggemar astronomi memang ingin memasyarakatkan astronomi. Ini adalah cara saya untuk ikut memasyarakatkannya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini