Ana

Sabtu, 16 Juni 2018

Artikel Baru yang Bersumber dari Artikel dari Blog Ini




            Dalam penjelajahan di internet, saya menemukan beberapa artikel yang mengambil sumbernya dari blog ini. Ada yang menyebutkan sumbernya, ada juga yang tidak (tapi ketahuan juga). Terus terang ada sesuatu yang mengganjal pikiran saya tentang hal ini.

            Tulisan dalam blog ini, tidak sepenuhnya terbukti benar secara ilmiah. Ada juga yang merupakan kesan saya terhadap sesuatu. Biasanya saya tempatkan dalam tag catatan harian. Catatan semacam ini berisi pendapat dan kesan saya atas sesuatu.

            Sesuatu yang mengganjal pemikiran saya itu adalah kebanyakan orang menganggap sumber dari internet itu adalah benar. Banyak orang dewasa yang memiliki anak usia sekolah yang menganut pemikiran ini. Bisa jadi mereka juga mengira tulisan saya  adalah benar. Bukan berarti tulisan saya tidak benar, sih. Tulisan saya sudah pasti benar menurut saya sendiri. Namun, cara pandang setiap orang itu kan berbedabeda. Apalagi di bagian kesan dan pendapat. Pendapat seseorang belum tentu mencerminkan pendapatnya sendiri.

            Saya pernah menemukan tulisan saya dikutip kemudian dikembangkan menjadi artikel lain dengan beberapa keterangan. Saya merasa agak terbeban karena yang saya tuliskan saat itu adalah deskripsi ditambah dengan kesan saya saja. Sesungguhnya saya tidak terlalu paham tentang latar belakangnya. Contohnya seperti pernikahan Suku Karo di mana pengantinnya harus menyanyi. Saya menyaksikannya dan sangat berkesan. Namun, saya tidak terlalu paham latar belakangnya.

            Penulisan yang tidak terlalu ilmiah saya rasa sahsah saja ada dalam sebuah blog. Kebanyakan blog bahkan hanya berisi catatan harian pemiliknya. Rasanya memang itulah tujuan awal sebuah blog atau weblog, memuat jurnal harian pemiliknya. Saya tidak terlalu merasa bersalah mengungkapkan pendapat dan kesan saya melalui media ini.

            Yang menjadi ganjalan bagi saya adalah kebanyakan orang belum dapat membedakan mana yang dapat dijadikan seumber resmi dan mana yang tidak. Saya agak khawatir apabila hal ini menular kepada anakanak sekolah yang sedang mengerjakan tugas sekolah dengan mencari bahan lewat internet.

            Untuk mengimbanginya, saya juga menulis halhal yang sudah pasti dapat dipertanggungjawabkan isinya. Kebanyakan artikel itu dimuat dalam media anak tempat saya numpang berkarya. Ada juga yang dimuat di sini dengan gaya penulisan yang lebih pribadi. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini