Ana

Kamis, 22 Februari 2018

Tanaman Herbal yang Belum Diteliti Secara Ilmiah Khasiatnya




            Indonesia memiliki banyak sekali tumbuhan yang konon berkhasiat obat. Ada yang memang benar-benar dapat mengobati. Ada juga yang hanya mitosnya saja. Khasiatnya ada yang hanya 1 saja, ada juga yang sampai ribuan banyaknya.
            Kebanyakan herbal asal Indonesia ini diketahui khasiatnya dari pengetahuan dan cerita nenek moyang yang diturunkan turun-temurun. Herbal untuk penyakit sehari-hari kebanyakan memang sangat ampuh khasiatnya. Misalnya saja daun jambu biji untuk obat diare atau kunyit untuk obat sakit maag.
            Beberapa herbal lainnya disebut sebagai obat ajaib, yang dapat mengobati aneka penyakit yang tak tersembuhkan. Sarang semut, buah merah, dan bawang dayak termasuk dalam kategori ini. Konon kabarnya kanker dan diabetes pun dapat disembuhkan dengan obat-obatan ini.
            Mungkin memang benar tumbuhan herbal tersebut memiliki banyak khasiat. Hanya saja kebanyakan khasiatnya belum terbukti secara ilmiah. Biasanya informasi tentang obat-obatan tradisional ini juga dilengkapi dengan testimoni. Nah, testimoni inilah yang perlu dicermati. Ada yang benar-benar diberikan oleh orang yang sembuh karena obat ini, ada juga yang palsu. Yang sudah sembuh pun belum tentu karena efek dari obat tradisional itu. Iya, kan?
            Belum banyaknya penelitian ilmiah dan kesimpangsiuran informasi itu membuat obat tradisional dan obat modern berada pada 2 kubu yang berbeda. Kedua kubu ini saling bertentangan dan sering dijadikan perdebatan. Padahal sebenarnya kedua jenis obat-obatan ini dapat berada pada sisi yang sama, untuk membuat masyarakat lebih sehat.
            Setelah mencari-cari informasi, sebenarnya ada juga, kok, penelitian ilmiah untuk obat-obatan di Indonesia. Hasil penelitian itu diterbitkan dalam jurnal ilmiah. Nah, jurnal ilmiah ini tidak terlalu mudah untuk dibaca, terutama oleh orang-orang yang malas membaca. Kebanyakan orang (yang malas membaca), menganggap jurnal ilmiah itu membosankan. Selain itu, jurnal ilmiah tidak selalu mudah untuk diakses. Ada jurnal ilmiah yang harus membayar dulu untuk membacanya. Ada juga yang perlu akses khusus.
            Saya berharap untuk ke depannya semakin banyak penelitian tentang khasiat obat-obatan herbal yang berasal dari Indonesia. Untuk meningkatkan minat masyarakat, saya mencoba menuliskan lebih banyak tentang tanaman khas Indonesia di media anak tempat saya numpang berkarya. Semoga saja para pembacanya mendapat inspirasi untuk melakukan penelitian ilmiah tentang tanaman herbal Indonesia di masa depan. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini