Ana

Rabu, 07 Desember 2016

Siaga Bencana di Rumah Sakit




            Bencana bisa datang kapan saja. Karena itu kita harus siaga. Walaupun dunia yang kita huni ini aman-aman saja, ada baiknya untuk waspada. Selain menyiapkan peralatan, juga harus menyiapkan orang dan sistemnya. Hal inilah yang memerlukan komitmen, karena tidak semua orang melakukannya.
            Jadwal siaga bencana di sebuah rumah sakit menarik perhatian saya. Jadwal itu ditempel di dinding lengkap dengan helmnya. Dalam jadwal itu dibagi tim-tim kerja yang kolomnya dilengkapi dengan warna. Masing-masing kolom memiliki warna yang sama dengan helm yang terletak di atasnya. Tim itu dibagi menjadi 3 tanda waktu yang sepertinya sesuai dengan shift kerja di rumah sakit.
            Jadwal itu menarik perhatian saya karena saya jarang melihatnya di fasilitas umum lainnya. Padahal kesiagaan itu wajib dalam setiap fasilitas umum. Beberapa bidang usaha bahkan ada yang memiliki departemen khusus untuk menangani hal ini. Di tempat saya pernah bekerja dulu, siaga bencana menjadi salah satu tugas utama departemen Loss Prevention.
            Sejak melihat jadwal siaga bencana itu, saya jadi mengamati hal serupa yang ada di rumah sakit lainnya. Ternyata tidak semua rumah sakit memiliki jadwal bencana yang demikian. Entah karena disembunyikan sehingga tidak terlihat oleh pengunjung atau memang tidak memilikinya. Atau sebenarnya punya tetapi hanya diketahui oleh beberapa orang saja. Entahlah. Yang pasti jadwal siaag bencana itu penting sekali. Sama pentingnya seperti sedia payung sebelum hujan. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini