Ana

Rabu, 23 November 2016

Ikan Asin Jambal




            Ikan asin jambal adalah ikan asin berdaging tebal. Ikan asin jenis ini dikenal juga dengan nama jambal roti karena bentuknya yang tebal seperti roti. Rasanya, sih, berbeda jauh dengan roti. Biasanya daging ikan ini disajikan tanpa tulang.
            Ikan asin jambal dapat dikatakan sebagai bintangnya ikan asin. Biasanya harga jualnya lebih dimahal dibandingkan dengan ikan-ikan lain yang diasinkan. Di kalangan ikan asin jambal pun, ada tingkatannya lagi. Tingkatan tertinggi diduduki oleh ikan asin berdaging empuk.
            Selama bertahun-tahun ini saya mengira bahwa ada ikan bernama jambal yang kemudian dagingnya dikeringkan menjadi ikan asin. Ternyata bukan demikian. Jambal itu adalah sebutan untuk ikan asin berdaging tebal itu. Dari informasi yang saya dapatkan di internet, ada beberapa jenis ikan yang dagingnya dapat diolah menjadi ikan asin jambal, antara lain ikan manyung dan kadukang. Saya belum pernah melihat kedua jenis ikan ini dalam keadaan hidup.
            Saya cukup suka memakan ikan asin jambal, baik digoreng maupun diolah menjadi masakan lainnya. Hmmm…. Sebenarnya saya suka segala macam ikan asin, sih. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini