Ana

Jumat, 21 Oktober 2016

Penjual Buku Pindahan dari Kwitang



            Saya sering sekali ke daerah Kwitang. Selain untuk ke gereja di GKI Kwitang, dulunya saya juga sering ke toko-toko buku yang ada di Kwitang. Ada toko buku besar, ada juga toko buku di pinggir jalan. Yang di pinggir jalan itu mungkin lebih tepat jika dikatakan kios. Kios-kios ini menjual buku-bukunya sampai ke trotoar.

            Beberapa tahun yang lalu, kios buku pinggir jalan ini menjadi sangat terkenal karena dijadikan setting film Ada Apa Dengan Cinta. Pamor kios ini menurun tak lama kemudian karena penggusuran. Kios-kios itu digusur karena menempati trotoar yang seharusnya menjadi hak para pejalan kaki. Setahu saya, sebagian dari mereka direlokasi.

            Saya sempat menemukan sebagian dari mereka di Pasar Senen. Ada beberapa penjual buku di tempat ini. Saya pernah berkunjung ke sana beberapa kali untuk melihat-lihat buku. Setelah itu, saya hampir tidak pernah lagi ke sana. Kisah buku-buku di kios yang dulu pernah ada di Kwitang pun sudah tidak lagi saya ingat.

            Belum lama ini saya ke daerah Blok M. Di daerah ini saya menemukan beberapa kios penjual buku yang menggelar dagangannya di dalam Blok M Square. Pusat perbelanjaan ini terletak menyatu dengan Terminal Blok M. Sebenarnya saat itu saya sedang mencari terminal tetapi nyasar ke tempat buku-buku ini.

            Beberapa kios buku itu menampilkan tulisan “Buku Eks Kwitang”. Melihat itu, saya makin tertarik menjelajahi daerah ini. Saya berkeliling sebentar sambil menyempatkan melihat beberapa buku. Ingatan saya kembali waktu daerah Kwitang masih menjadi jalan yang dipenuhi buku. Cara memajang buku-buku itu memang masih mirip dengan yang di pinggir jalan dulu. Ada yang disusun rapi, ada pula yang digelar agak berantakan.

            Saya tidak membeli sebuah buku pun dalam kunjungan kali itu. Mungkin lain kali saat berkunjung ke situ lagi saya harus melakukan persiapan khusus, membawa lebih banyak uang tunai dan juga tas pembawa buku. Sepertinya saya akan memborong buku-buku yang ada di situ. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini