Ana

Selasa, 18 Oktober 2016

Pemimpin yang Bekerja 20 Jam Sehari (?)




            Dalam sebuah tayangan TV, saya melihat tayangan tentang seorang kepala daerah. Citra yang (ingin) ditampilkan oleh sang kepala daerah adalah pekerja keras, transparan, dan juga penuh integritas. Saya pun tertarik untuk melihatnya, tetapi saya tidak menonton tayangan hal ini sampai selesai. Keputusan itu karena saya menganggap sang kepala daerah itu membual.

            Bapak itu mengatakan kalau dia bekerja keras demi daerah yang dipimpinnya. Ia mengaku setiap hari bekerja selama 20 sampai 22 jam, kadang-kadang 24 jam. Sedangkan yang namanya sehari itu adalah 24 jam. Itu berlaku bagi seluruh penghuni dunia ini. Dengan demikian dapat dianggap ia beristirahat hanya sekitar 2 sampai 4 jam per harinya.

            Kalau hanya sesekali dilakukan, itu mungkin saja. Sebuah pekerjaan sering kali memang memakan ekstra waktu. Namun kalau setiap hari? Itu rasanya mustahil. Manusia yang kekurangan istirahat (tidur), fungsi tubuhnya menjadi tidak normal. Hanya dalam waktu beberapa hari saja kondisi badannya akan menurun. Kondisi tubuh tidak akan pulih walaupun sudah mengkonsumsi aneka suplemen kalau tidak dibarengi dengan istirahat. Pengakuannya itu menjadi agak lebay. Saya bersyukur karena kepala daerah itu tidak memimpin daerah tempat saya tinggal.

            Mungkin yang dia maksudkan hanya hiperbola saja. Ucapannya untuk membuktikan bahwa ia adalah pekerja keras yang tidak mengenal waktu. Entahlah. Semoga saja apa yang dikatakannya itu benar-benar ada hasilnya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini