Ana

Sabtu, 01 Oktober 2016

Layar Petunjuk Transjakarta




            Saat ini hampir di setiap halte Transjakarta dilengkapi dengan layar petunjuk. Layar ini diletakkan tak jauh dari pintu yang menuju pintu masuk bus. Jumlah layar petunjuk itu sama dengan rute bus yang melewati halte tersebut. Layar ini diletakkan di tempat yang cukup tinggi sehingga mudah dilihat.
Ada beberapa informasi yang sangat berguna bagi penumpang TJ di layar itu, antara lain nomor bus yang akan datang, sedang berada di mana bus itu, dan estimasi kapan bus itu tiba. Informasi ini membuat penumpang dan calon penumpang dapat mengetahui apa yang harus dilakukan dalam penantiannya.
Misalnya saja, ada sebuah bus yang datang, namun ternyata sudah penuh atau tidak ada lagi tempat duduk yang tersisa. Calon penumpang dapat memilih untuk tetap masuk ke dalam bus atau menunggu bus berikutnya. Waktu kedatangan dan juga keberadaan bus yang setelahnya dapat menjadi bahan pertimbangan. Saya kadang-kadang memilih untuk menunggu bus berikutnya saja.
Papan informasi itu juga berfungsi untuk menenangkan orang-orang yang berebutan mau masuk ke dalam bus. Sebelumnya, fungsi ini hanya dijalankan oleh para petugas yang berteriak-teriak memberi tahu kalau di belakang masih ada bus.
Saya menyambut gembira adanya papan informasi di halte-halte itu. Ini adalah suatu kemajuan yang layak disyukuri. Semoga saja alat-alat itu tetap terpelihara dengan baik dan dapat terus berfungsi. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini