Ana

Selasa, 04 Oktober 2016

Ambruknya Pintu Gerbang Sebuah Desa




            Saat mendengar ambruknya sebuah pintu gerbang di sebuah desa yang saya kenal, saya pun segera mencari informasi. Saya mengenal beberapa penghuni desa itu. Beberapa bahkan masih ada hubungan keluarga dengan saya. Sempat terbersit rasa khawatir, jangan-jangan ada kejadian alam yang dahsyat sampai-sampai membuat pintu gerbang itu ambruk.
            Pada berita yang saya baca, ternyata pintu gerbang itu memang sengaja diambrukkan demi alasan keamanan. Gerbang itu diambrukkan karena bangunannya tidak sesuai persyaratan konstruksi. Tidak ada korban dalam peristiwa ambruknya gerbang ini. Saya pun lega membaca berita ini.
            Samar-samar saya teringat pada bangunan berbentuk mirip gerbang yang pernah saya lewati saat berkunjung ke desa itu. Saya mengingatnya bukan karena keindahannya. Tidak perlu kuliah teknik sipil bertahun-tahun untuk mengetahui bahwa bangunan itu tidak dibuat sesuai dengan perhitungan yang diperkenankan. Saya tidak ingat ada ornamen apa saja, yang jelas hampir semuanya rusak dan retak. Tampilannya pun norak.
            Kabarnya, bangunan aneh itu dibuat oleh kerabat seorang istri pejabat. Saya tidak terlalu mendengarkan ketika orang-orang menceritakannya. Saya memang kurang berminat pada bisnis pejabat yang kebanyakan tidak sehat, bahkan cenderung jahat.
            Dengan runtuhnya bangunan itu, saya harap pihak berwajib dapat membuktikan bahwa bangunan itu memang tidak layak. Sudah dapat diduga bila ada korupsi bahan bangunan di baliknya. Semoga saja pelakunya mendapat ganjaran yang setimpal. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini