Ana

Kamis, 15 September 2016

Kuda Bisa Menggigit dan Menendang





            Cukup banyak orang yang mengira kalau kuda adalah hewan jinak yang selalu ramah pada manusia. Kuda, yang tenaganya sudah sejak lama digunakan oleh manusia itu, selalu terlihat bersahabat. Saya juga mengira semua kuda itu jinak. Mungkin selama ini saya selalu bertemu dengan kuda yang jinak. Saya tidak pernah bertemu dengan kuda liar.
            Suatu kali, saya melihat kuda sedang berlatih dengan jokinya. Makin lama saya bergerak makin mendekat ke arah lintasan. Tujuan saya tentu saja untuk melihat penampilan sang kuda dari jarak dekat. Saya juga mau melambaikan tangan alias dadah-dadah ke kuda yang sedang berlari itu. Yeah… Alasan ini memang agak aneh dan kekanak-kanakan. Tetapi memang itu adalah alasan saya makin mendekat ke lintasan.

            Saat itu saya mendekat sampai bersandar di pagar lintasan sampai akhirnya saya melihat sebuah papan peringatan. Papan itu bertuliskan “Perhatian, kuda bisa menggigit dan menendang. Jaga jarak aman.” Peringatan itu membuat saya bergerak menjauh dari pagar. Saya tahu kuda memang bisa menendang, tetapi menggigit?
            Menendang dan menggigit mungkin adalah bentuk pertahanan kuda bila ada yang mengganggunya. Orang-orang yang menonton dan dadah-dadah ke kuda, dapat dikatakan mengganggu. Apalagi kalau orang itu asing bagi kuda tersebut. Tentunya bila dilihat dari sudut pandang sang kuda.
            Sepertinya kuda-kuda yang dipelihara di peternakan yang saya kunjungi itu pernah menendang atau menggigit pengunjung. Mungkin karena ia merasa terganggu atau karena memang berkarakter galak. Yang jelas, papan peringatan yang bertulisan sama ada di beberapa tempat. Papan-papan itu adalah peringatan bagi orang-orang seperti saya ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini