Ana

Jumat, 02 September 2016

Gengsi Naik Mobil Pribadi dan Naik Kendaraan Umum (?)




            Saya lebih sering naik kendaraan umum sejak Mocil rusak. Mocil, mobil kecil saya itu memang tidak langsung saya perbaiki. Kendaraan umum yang sering saya gunakan adalah bus Transjakarta, ojek, taksi, dan bajai. Saya juga menggunakan transportasi berbasis online.
            Selama naik kendaraan umum, ternyata saya cukup menikmatinya. Saya tidak harus siaga penuh karena menyetir mobil. Selama perjalanan saya dapat membaca buku, lihat-lihat HP, lihat pemandangan, dan juga tidur. Saya juga tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir. Saya betul-betul menikmatinya. Itu membuat perbaikan mobil tidak lagi menjadi prioritas bagi saya.
            Ada kenalan saya yang sepertinya menyesalkan keadaan saya yang dianggap turun derajat. Itu karena saya yang biasanya baik mobil pribadi harus naik kendaraan umum. Saya berusaha mengerti pandangannya dengan berusaha mendengarkannya. Namun sebenarnya saya tidak sependapat. Menggunakan kendaraan pribadi bagi saya gengsinya tidak lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum. Saya tidak merasa turun derajat sama sekali.
            Kendaraan pribadi, terutama mobil, memang kerap dijadikan simbol keberhasilan. Orang-orang yang bisa membeli mobil tentunya penghasilannya lebih dari cukup. Demikian pula orang yang mendapatkan fasilitas mobil dari tempatnya bekerja. Hanya orang-orang yang posisinya tinggi saja yang mendapatkannya. Mobil, terutama mobil mewah, adalah simbol gengsi dan prestise.
            Kalau dilihat dari pandangan itu, memang dapat dikatakan saya turun derajatnya. Namun kalau dilihat dari segi kenyamanan sebagai orang yang nyetir sendiri, jauh lebih nyaman naik kendaraan umum. Tidak ada yang salah dengan menggunakan kendaraan umum. Saya juga tidak terlalu peduli dengan gengsi dan kata orang. Gengsi tidak akan membuat saya tiba di tempat tujuan. Makin banyak yang naik kendaraan umum, polusi akan semakin berkurang karena jumlah kendaraan semakin sedikit. Malah keren, kan? {ST}

Popular Posts

Isi blog ini