Ana

Sabtu, 17 September 2016

Ayam Kate





Ayam kate adalah ayam yang bentuknya mini alias kecil. Kate dalam bahasa Indonesia artinya memang kecil. Ayam kate biasanya dijadikan ayam hias, bukan untuk diambil dagingnya maupun telurnya. Kate dalam bahasa Inggris beda lagi arti dan penyebutannya. Ngomong-ngomong ada, lo, yang menyebut ayam kate ini dengan sebutan seperti bahasa Inggris. Entah maksudnya serius atau bercanda yang jelas orang itu menjadi bahan tertawaan.
Ayam kate sudah lama dijadikan ayam hias. Popularitasnya makin naik saat para pedagang Eropa membawanya ayam kate ini ke benua asal mereka. Ayam-ayam kate itu mereka dapatkan di Indonesia, tepatnya Pulau Jawa. Ada pula yang menyebut ayam kate sebagai ayam bantam, karena berasal dari Banten.


Ayam kate bentuknya memang lucu dan menggemaskan. Ayam kate yang sudah dewasa besarnya hanya seukuran ayam biasa yang masih remaja. Namun bentuknya seperti ayam biasa. Ada juga yang terlihat kerdil.
Bertahun-tahun yang lalu, keluarga kami pernah memiliki ayam kate. Ayam ini hidup di kandang yang sama dengan ayam kampung peliharaan Mamah. Mereka berbagi kandang dan juga makanan yang sama. Seperti juga tubuhnya, telur ayam kate ini lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam biasa. Ukurannya berada di antara telur puyuh dan telur ayam kampung. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini