Ana

Selasa, 02 Agustus 2016

Suara di Dalam Bus




Pada beberapa bus Transjakarta sering terdengar suara yang menyampaikan informasi. Informasi yang disampaikan adalah halte yang akan dituju plus pesan-pesan untuk memeriksa bahan bawaan dan hati-hati melangkah. Informasi ini sepertinya sudah direkam dan tinggal diputar kembali saat diperlukan. Walaupun kebanyakan bus dilengkapi dengan suara ini, ada juga bus yang tidak. Bus yang tidak ada suaranya biasanya sudah lama. Penampilannya butut.
Sepertinya suara pengumuman itu memang menjadi bagian dari pelayanan bus Transjakarta. Menurut saya, ini adalah sesuatu yang baik dan seharusnya menjadi sesuatu yang wajib dalam setiap bus. Informasi ini sangat berguna bagi para penumpang yang tidak terbiasa atau belum pernah melewati jalur tersebut. Penumpang bisa tahu berada di mana tanpa harus bertanya atau membuka aplikasi maps.
Suatu hari, saya mendengar suara yang berbeda saat menaiki bus Transjakarta. Informasinya relatif sama, namun suaranya berbeda. Yang membuat saya agak terganggu adalah intonasinya. Intonasinya banyak yang tidak tepat. Misalnya ada kalimat berita yang disampaikan seperti kalimat tanya. Aneh banget! Saya menjadi agak terganggu mendengarnya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini