Ana

Rabu, 31 Agustus 2016

Rute Baru Bus Wisata Jakarta






            Sejak tahun 2014, Jakarta memiliki bus wisata. Bus itu menjalani rute di pusat kota Jakarta dengan memperkenalkan tempat-tempat bersejarah. Bus bertingkat itu dapat dinaiki secara gratis dari halte-halte tertentu.
            Bus gratis ini kabarnya kerap pula dipakai oleh orang-orang yang memang memerlukan alat transportasi, tidak hanya untuk berwisata. Maklum saja, kebanyakan orang Indonesia memang suka yang gratisan.
            Tahun 2016 ini, ada perkembangan baru dari bus wisata. Bus ini sekarang memiliki 3 rute, atau lebih tepatnya 3 tema, yaitu wisata sejarah, kuliner, dan belanja. Ketiga rute bus ini ada yang bersinggungan, bahkan nyaris sama. Perbedaannya adalah informasi yang disampaikan di dalam bus. Informasi untuk tempat-tempat yang dilewati itu disampaikan sesuai temanya. Informasi itu sudah direkam sebelumnya dan tinggal disuarakan saat melewati tempat yang bersangkutan.
Menurut saya ini adalah perubahan yang baik. Awalnya, informasi itu disampaikan langsung oleh petugas. Informasinya tidak terlalu banyak, kok. Saat bus wisata ini masih baru beroperasi, saya sempat menyaksikan bagaimana antusiasnya petugas bus. Beberapa bulan kemudian, para petugas itu tidak lagi antusias. Tugas mereka menjadi seperti kenek yang menyerukan tempat tujuan berikutnya. Tidak konsisten. Memang lebih baik menggunakan rekaman saja untuk sementara.
Pada suatu Sabtu sore, saya pernah mencoba 2 dari 3 rute bus wisata yang sekarang ada. Saya mencoba yang wisata sejarah dan belanja. Untuk yang kuliner, saya belum mencobanya. Mungkin lain kali. {ST}

Baca juga:

Popular Posts

Isi blog ini