Ana

Rabu, 17 Agustus 2016

Rumah Tjilik Riwut di Palangkaraya




            Rumah Tjilik Riwut adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi di Palangkaraya. Rumah ini adalah rumah peninggalan Bapak Tjilik Riwut, pahlawan nasional dari Kalimantan Tengah. Nama Tjilik Riwut juga dijadikan nama bandara di kota Palangkaraya. Bagi yang ingin mengenal tokoh pendiri Kalimantan Tengah wajib datang ke Rumah Tjilik Riwut yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Palangkaraya.



Galeri dan Museum

            Rumah Tjilik Riwut (RTR) menyimpan banyak sejarah. Sejarah itu, yang semula hanya diketahui beberapa gelintir orang, dapat dilihat di tempat ini. Di dinding dan partisi RTR ada banyak kenangan bersejarah Bapak Tjilik Riwut. Ada pakaian, foto, piagam, surat, dan aneka memorabilia peninggalan Bapak Tjilik Riwut. Rumah ini adalah galeri yang membawa kita kembali mengingat sejarah Kalimantan Tengah. Ada juga yang menyebutnya museum.


            RTR juga sering mengadakan kegiatan untuk melestarikan budaya Dayak. Setiap tanggal 18 Agustus selalu ada kegiatan kesenian di tempat ini. Acara itu selain sebagai peringatan hari kemerdekaan RI, juga sebagai peringatan hari jadi Rumah Tjilik Riwut. Rumah Tjilik Riwut dibuka untuk umum pada tanggal 18 Agustus 2013. Selain acara tahunan ini, Rumah Tjilik Riwut juga sering menyajikan musik etnik Dayak sebagai hiburan bagi pengunjung yang datang.


Restoran yang Nyaman

            RTR juga berfungsi sebagai restoran. Di tempat ini ada cukup banyak set meja kursi yang terletak di dalam maupun di luar ruangan. Tamu-tamu yang datang bisa duduk nyaman tanpa harus berdesakan. Ada banyak jenis makanan dan minuman yang dapat dipilih. Mulai dari camilan sampai makanan berat semuanya ada.


            Beberapa menu makanan di RTR adalah menu makanan kegemaran Bapak Tjilik Riwut. Menu makanan khas Dayak juga dapat ditemukan di RTR. Juhu singkah, tepe dawen jawaw, dan kandas sarai menjadi menu favorit di tempat ini. Selain itu, ada pula menu lain seperti nasi goreng dan ikan bakar. Minuman favoritnya adalah baram madu.


Tempat Berkumpul Ideal

            Lokasi Rumah Tjilik Riwut berada di tengah kota. Rumah ini dapat dicapai dengan mudah dari seluruh penjuru kota Palangkaraya. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat pertemuan, baik pertemuan kecil maupun pertemuan besar. Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk arisan, reuni, maupun perayaan ulang tahun.


            Acara kumpul-kumpul tak afdol tanpa berfoto bersama. Di tempat ini banyak spot foto yang menarik, lo. Kalau mau diunggah langsung juga bisa. Di tempat ini disediakan wifi gratis khusus untuk pelanggan.

            Makin penasaran dengan tempat bersejarah ini? Silakan datang berkunjung langsung ke Jalan Sudirman no: 1, Palangkaraya. Lihat juga profilnya di Facebook https://www.facebook.com/RumahTjilikRiwut/ {ST}
















Popular Posts

Isi blog ini