Ana

Kamis, 25 Agustus 2016

Halte Paling Rindang




            Kebanyakan halte Transjakarta bernuansa abu-abu alumunium. Warna ini adalah warna bahan bangunan utama yang digunakan untuk halte-halte itu. Dulu, pada saat halte-halte ini baru dibangun, dapat dikatakan nuansanya futuristik. Hampir tidak ada tumbuhan di halte ini, baik di interior maupun eksteriornya.
            Dari pengamatan saya, halte Transjakarta yang paling rindang adalah Halte Monas. Halte itu terletak di Jalan Merdeka Barat, berseberangan dengan Museum Gajah. Halte ini bukanlah halte yang dirancang untuk rindang. Desainnya hampir mirip dengan halte lainnya. Halte itu rindang karena dibangun di jalur hijau.
            Pohon-pohon rindang yang sudah tumbuh sebelumnya, tetap dilestarikan. Bahkan, ada beberapa bagian dari halte yang kemudian harus disesuaikan dengan pohon-pohon besar itu. Pohon-pohon ini membuat halte ini menjadi lebih sejuk walaupun tidak dilengkapi dengan pendingin udara.
            Saya sempat memotret halte ini dari seberang jalan. Saat itu saya berada di depan Museum Nasional alias Museum Gajah. Dari tempat ini terlihatlah kerindangan pohon-pohon besar penghuni jalur hijau. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini