Ana

Minggu, 24 Juli 2016

Sapi di India




            Sapi di India dianggap sebagai binatang yang sakral. Negara yang penduduknya mayoritas beragama Hindu itu sangat menghormati sapi. Sapi dipercaya sebagai lambang ibu pertiwi yang memberikan kesejahteraan kepada seluruh makhluk di Bumi. Sapi juga menjadi kendaraan Dewa Siwa.
            Penghormatan terhadap sapi itu dengan cara membuat patung-patungnya dan membiarkan sapi hidup bebas. Sapi boleh berkeliaran dengan bebas. Sapi juga mendapatkan makanan yang cukup. Orang-orang dengan sukarela memberikan makanan kepada sapi yang mereka temui walaupun sapi itu bukan milik mereka. Tentu saja mereka juga tidak menyembelih dan memakan daging sapi.
            Banyaknya patung sapi di India membuat cukup banyak orang mengira kalau orang India yang beragama Hindu adalah penyembah sapi. Padahal menghormati tidak sama artinya dengan menyembah. Orang-orang seperti ini harus meluangkan sedikit waktunya untuk belajar tentang kepercayaan lain.
            Perbuatan yang berkenaan dengan sapi di India menjadi masalah nasional. Baru-baru ini saya membaca berita ada seorang beragama minoritas di India yang dihukum karena menyembelih dan memakan daging sapi. Apabila dipandang dari sudut pandang lain, atau lebih tepatnya agama dan budaya lain, adalah hal yang konyol. Bukankah daging sapi adalah makanan yang wajar saja?
            Cara pandang yang berbeda ini sangat berpotensi menimbulkan konflik sosial. Konflik ini akan berlangsung abadi bila tidak ada salaing pengertian antara pihak-pihak yang berbeda pandangan. Saya sendiri lebih memilih tidak memakan daging sapi saat berada di India. Toh, kita tidak hidup dari daging sapi saja, kan? {ST}

Popular Posts

Isi blog ini