Ana

Jumat, 24 Juni 2016

Sapi Perah Besar Sekali






            Belum lama ini saya mendapat tugas ke sebuah peternakan sapi perah di dekat Lembang, Jawa Barat. Peternakan ini juga menjadi tempat wisata. Saat berjalan-jalan ke kandang sapi, saya dikejutkan oleh sapi yang besar sekali. Saat berdiri, tingginya hampir sama seperti saya. Saya sampai takut ketika akan mengambil fotonya. Sapi bertubuh besar ini juga memiliki tanduk.
            Saya sempat mengira sapi itu adalah sapi jantan. Walaupun yang menghasilkan susu adalah betina, sapi jantan tetap diperlukan dalam sebuah peternakan sapi. Untuk mengetahui jantan atau betina, saya harus melihat alat kelaminnya. Nah, ini yang tidak bisa saya lakukan karena sapi besar itu kemudian duduk bermalas-malasan. Saya akhirnya pergi tanpa mengetahui sapi jantan itu sebenarnya jantan atau betina.
            Sebelumnya saya sudah pernah melihat sapi perah. Ini bukanlah pengalaman pertama saya. Sapi berwarna hitam putih seperti yang saya lihat ini juga pernah saya lihat di peternakan sapi di Pulau Bangka.
Lihat: Sapi Perah
            Sapi berwarna hitam putih ini dikenal dengan nama Friesian Holstein. Sapi jenis ini telah lama dikenal sebagai sapi perah karena produksi susunya yang banyak. Belanda terkenal sebagai penghasil susu dari sapi jenis ini. Dari Belanda-lah kemudian sapi ini menyebar ke seluruh dunia sampai ke Indonesia. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini