Ana

Minggu, 12 Juni 2016

Penghasil Rumput Laut Terbesar di Dunia




            Indonesia adalah penghasil rumput laut terbesar di dunia. Saya baru mengetahuinya ketika membaca berita tentang ini di koran. Sebenarnya itu adalah hal yang wajar saja mengingat lautan Indonesia yang sangat luas. Rumput laut bahkan dapat tumbuh bebas tanpa harus diurus.
            Seperti juga komoditi lainnya, perlu penanganan khusus supaya rumput laut dapat memakmurkan rakyat. Nah, di sinilah masalahnya. Rumput laut yang melimpah itu belum banyak yang bisa diolah di negeri kita. Negara lain lebih banyak memanfaatkan sumber daya dari negeri kita.
            Setahu saya, sebagian besar rumput laut digunakan sebagai bahan pembuat agar-agar. Sebagian lainnya menjadi nori, si rumput laut kering gurih. Sebagian kecil menjadi peyek. Ya, peyek rumput laut beneran ada, lo.
            Rumput laut adalah salah satu sumber makanan yang bergizi. Rumput laut mengandung banyak serat yang baik bagi pencernaan. Selain itu, rasanya enak. Sebenarnya makanan ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Semoga saja ke depannya makin banyak orang yang mau mengembangkan rumput laut dan olahannya. Mungkin saja suatu saat nanti pamor rumput laut akan naik daun dan menjadi tren. {ST}

Baca juga:

Popular Posts

Isi blog ini