Ana

Sabtu, 21 Mei 2016

Serangga Hitam Kecil Mirip Lalat dan Jangkrik




            Beberapa hari yang lalu di toilet rumah kami ada serangga hitam kecil. Jumlahnya cukup banyak. Bentuknya mirip lalat, mirip jangkrik juga. Saya tidak tahu apa sebenarnya serangga ini. Saya baru melihatnya saat itu. Atau lebih tepatnya memberi perhatian pada serangga jenis ini.
            Awalnya, serangga hitam ini saya pikir kotoran tikus. Kalau dilihat dari jauh, bentuknya seperti bulatan hitam. Mereka bergeletakan bertebaran di mana-mana. Saya sudah bersiap-siap membersihkannya menggunakan sapu ketika melihat ternyata bulatan itu bisa bergerak. Saya berencana untuk memotretnya setelah membersihkannya.
            Pembantu rumah tangga kami kemudian melanjutkan pembersihan itu. Serangga hitam itu akhirnya tak bersisa dan saya tidak sempat memotretnya. Saya tidak menemukannya lagi sampai catatan ini saya tuliskan.
            Esoknya, saya melihat ada yang berubah di halaman kami. Ada pepohonan yang dipangkas sampai gundul. Rupanya serangga-serangga itu sebelumnya menjadi penghuni pepohonan yang dipangkas itu. Saat itu mereka berbentuk ulat. Ulat-ulat berwarna hitam itu memakan daun-daun sampai bolong.
            Mamah, sang penguasa kebun, telah menumpas serangga-serangga itu, baik yang berbentuk ulat, maupun yang bentuknya seperti lalat. Saya yang berniat memotret makhluk-makhluk itu tidak berhasil menemukannya walaupun sudah mengais-ngais tempat sampah. {ST}

Mungkin serangga jenis ini ada di Museum Serangga. Lihat di sini.

Popular Posts

Isi blog ini