Ana

Sabtu, 14 Mei 2016

Penipuan Internet




            Berita tentang perkembangan internet cukup menarik perhatian saya. Kali ini artikel yang saya baca adalah tentang penipuan lewat internet. Penipuan lewat internet di Indonesia cukup tinggi. Baik pelaku maupun korbannya adalah orang Indonesia. Hal ini membuat saya prihatin.
            Dalam beberapa tulisan saya, saya berkali-kali mengatakan kalau internet bukanlah sesuatu yang jahat. Internet itu sifatnya netral, sama seperti air dan api. Menjadi jahat atau baik tergantung cara mengelolanya. Demikian juga halnya dengan penipuan lewat internet itu.
            Kebanyakan penipuan lewat internet terjadi lewat media sosial. Korbannya kebanyakan perempuan. Ada banyak orang yang tertipu karena teman barunya sangat menarik menawan hati. Paling tidak, kesan yang ditampilkan seperti itu.
            Saya sepertinya pernah beberapa kali menjadi sasaran penipuan. Beberapa contact yang saya terima mengatakan kalau saya menerima hibah dana, mendapatkan investasi, dll. Ada juga yang mengaku tentara yang sedang mencari istri. Kalau soal yang terakhir ini, saya betul-betul tidak berminat.
            Beberapa orang yang tertipu mengaku terbuai dengan semua rayuan yang disampaikan. Kebanyakan dari mereka dapat dikatakan tidak memiliki banyak pengetahuan tentang internet. Saya rasa yang diperlukan untuk menangkal penipuan ini tidak hanya pengetahuan tentang internet. Kita juga harus mengenal logika. Kebanyakan penipuan itu dari awalnya tidak logis. Kebanyakan menjajanjikan solusi mudah untuk banyak masalah. Secara akal sehat, sesuatu yang seperti itu tidak mungkin.
            Selain pengetahuan, kita juga perlu menghilangkan keserakahan, sifat yang menginginkan sebanyak-banyaknya dengan aksi yang seminimal mungkin. Ini sebenarnya manusiawi. Saya juga pernah bahkan sering menginginkan seperti itu. Nah, sifat inilah yang harus dipadukan dengan logika.
            Dengan makin berkembangnya internet di Indonesia, saya harap makin banyak orang yang menggunakannya untuk kebaikan. Walaupun begitu, saya harap semua orang wasapada supaya tidak ada yang tertipu lagi. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini