Ana

Kamis, 12 Mei 2016

Kuis Kepribadian




            Kadang-kadang, saya sering mengikuti kuis yang bertebaran di dunia maya. Ada kuis yang sepertinya dibuat asal-asalan dan hanya untuk bersenang-senang, ada juga kuis yang dibuat berdasarkan ilmu tertentu, terutama psikologi. Beberapa hasilnya saya share di media sosial buat seru-seruan.
            Menurut seorang teman saya yang belajar psikologi, kuis-kuis psikologi itu benar-benar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kuis yang biasanya berisi beberapa pilihan pertanyaan itu mengarahkan kita kepada kecenderungan kepribadian kita. Memang, sih, kuis-kusi itu mengingatkan pada tes masuk kerja. Tes seperti ini tentunya digunakan untuk mengetahu kepribadian sang calon pekerja.
            Ketika mendapatkan sebuah tanggung jawab sebagai ketua akhir-akhir ini, saya kembali teringat pada kuis-kuis itu. Rasanya ada beberapa kuis yang hasil akhirnya menyebutkan bahwa saya berbakat sebagai pemimpin. Sepertinya saya memerlukannya untuk meyakinkan diri sebagai pemimpin. Apalagi anggota tim saya semuanya lebih senior dari saya, baik dalam hal usia maupun pengalamannya. Suatu tantangan yang cukup besar.
            Hasil dari kuis-kuis itu menurut saya cukup tepat dengan kepribadian saya. Saya menyimpannya di sini sebagai pengingat untuk diri sendiri. Kalau ada yang mau lihat dan baca silakan sajaaaa… {ST}






Popular Posts

Isi blog ini