Ana

Senin, 02 Mei 2016

Budaya Tutur Masyarakat Indonesia




            Masyarakat Indonesia lebih erat dengan budaya tuturnya, bukan budaya tulisnya. Tak heran kalau banyak orang yang berkata “enggak bisa nulis” ketika diminta untuk memberikan tanggapan secara tertulis. Saya mengenal beberapa orang yang seperti ini.
            Budaya tutur juga dipengaruhi oleh budaya dan tradisi setempat. Cukup banyak budaya Nusantara yang diabadikan secara turun-temurun dengan bertutur dari generasi ke generasi. Selain karena kebiasaan, ada punya kebudayaan yang belum mengenal aksara tertulis.
            Contohnya kebudayaan Dayak. Suku penghuni tanah Kalimantan itu tidak mengenal budaya tulis sampai masuknya misisonaris Belanda yang mengajarkan menulis dan membaca. Walaupun sudah dapat menulis dan membaca, itu belumlah menjadi kebiasaan apalagi kebudayaan. Budaya tutur masih sangat kental.
            Budaya tulis di keluarga kami, keluarga keturunan Dayak, dimulai dari kakek saya yang gemar menulis. Dia menuliskan cukup banyak catatan yang beberapa sudah dibukukan. Ini adalah kebiasaan yang baik. Kebiasaannya mencatat segala hal membuat pengetahuannya saat itu dapat kami ketahui kemudian, walaupun kami tidak hidup di zaman yang sama. Saya pribadi berusaha melanjutkan kebiasaan ini.
            Budaya tutur sebenarnya memiliki banyak kebaikan, kok. Dengan bertutur, yang biasanya dilakukan secara langsung, orang menjadi lebih akrab. Selain itu memungkinkan pula untuk menjadi diskusi 2 arah.
            Salah satu kelebihan dan dan juga kelemahannya adalah mudahnya informasi ini menyebar dan menjadi bias. Cukup banyak informasi yang setelah sampai ke beberapa orang menjadi sangat berubah dari aslinya. Kalau itu sebuah cerita, mungkin akan menjadi lebih menarik. Lain halnya bila itu sebuah fakta, maka akan berubah menjadi fiksi yang menyimpang dari aslinya.
            Budaya tutur yang diwariskan turun-temurun, suatu saat akan luntur. Entah karena ketidakpedulian, atau juga karena keaadaan. Alangkah baiknya bila budaya tutur juga diimbangi dengan buaya tulis sehingga sesuatu yang baik dapat terus lestari dan dituturkan dengan baik. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini