Ana

Senin, 21 Maret 2016

Konflik Gajah dan Manusia




            Halaman depan harian Kompas hari Senin, 21 Maret 2016 menarik perhatian saya. Gambar paling besar di halaman depan ini adalah gambar gajah bersama dengan pawangnya. Di samping gambar itu ada berita tentang konflik yang terjadi hampir setiap hari antara gajah dan manusia.
            Sudah beberapa lama ini, saya memiliki keterkaitan dengan gajah. Bukan hanya karena saya suka gajah. Saya adalah orang yang ada di belakang kisah gajah yang ada di sebuah majalah anak. Gajah itu digambarkan sebagai gajah kecil baik hati, suka menolong, dan pandai memecahkan masalah. Kadang-kadang, saya merasa diri saya adalah gajah kecil ini.
            Gajah, si pemilik gading, sering ditemukan tanpa nyawa dengan gading yang hilang. Tidak perlu berpikir untuk mengetahui bahwa manusialah yang bertanggung jawab atas kehilangan nyawa binatang besar itu. Selain diambil gadingnya, banyak pula yang memburu gajah karena gajah dianggap pengacau. Ya, gajah memang sering ditemukan merusak hutan dan lahan.
            Konlik antara gajah dan manusia sering pula menjatuhkan korban di pihak manusia. Tenaga gajah yang super besar memang dapat mengalahkan manusia yang paling kuat sekalipun. Dalam berita yang saya baca itu, banyak pula orang yang kehilangan nyawanya karena konflik dengan gajah.
            Konflik antara mansuia dan gajah ini menjadi perhatian banyak orang. Berbagai lembaga ikut serta dalam pelestarian gajah. Namun sebenarnya peran serta terbesar yang diperlukan adalah peran serta penduduk yang bersinggungan dengan gajah. Nah, ini dia perjuangannya. Pandangan mereka tentang gajah tentunya berbeda dengan orang-orang yang tinggal di kota besar seperti saya. Mungkin bagi mereka, gajah bukanlah sesuatu yang lucu. Bisa jadi mereka menganggap gajah sebagai hama, atau juga sesuatu yang menakutkan.
            Saya sebenarnya tidak bisa berbuat banyak untuk pelestarian gajah. Saya hanya bisa berjuang lewat tulisan. Saya cukup sering menulis tentang gajah. Semoga saja semakin banyak orang yang peduli pada kehidupan gajah dan pelestariannya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini