Ana

Sabtu, 06 Februari 2016

Menulis Tentang Detektif




            Salah satu tema pengetahuan yang harus saya tulis adalah tentang detektif. Saya menyambut tugas ini dengan gembira karena saya adalah penyuka cerita detektif. Saya merasa yakin dapat melaksanakan tugas ini dengan mudah.

Masa pertumbuhan saya diisi dengan cerita-cerita detektif. Sherlock Holmes, Hercule Poirot, Lima Sekawan, dan Trio Detektif adalah tokoh-tokoh yang turut memengaruhi pertumbuhan saya. Sampai saat ini, saya juga masih sering menonton film seri tentang detektif.

Ternyata, sekedar suka tidak memudahkan saya dalam menulis. Setelah diingat-ingat, semua detektif yang saya ketahui itu adalah tokoh fiksi. Mereka diciptakan oleh pengarangnya. Tidak ada (atau belum ada) detektif beneran yang saya kagumi. Bahkan, saya tidak mengenal seorang detektif pun di alam nyata.

Internet menjadi andalan saya mencari informasi. Informasi di mesin pencari kebanyakan didominasi oleh tokoh-tokoh detektif fiksi. Informasi tentang detektif, yang bukan fiksi, kebanyakan berasal dari luar negeri. Informasi dari negeri sendiri sangat sedikit. Kebanyakan detektif bergabung dengan institusi kepolisian.

Saat mencari informasi tentang detektif di negeri saya sendiri, saya menemukan beberapa detektif yang memiliki spesialisasi menyelidiki perceraian. Yang menjadi penyelidikan mereka antara lain simpanan harta yang tidak diketahui pasangan, perselingkuhan, dan aib lainnya. Topik yang “enggak banget” deh kalau dibuat menjadi tulisan untuk anak-anak.

Walaupun urung menulis tentang detektif di negeri sendiri, saya tetap mencari informasinya. Kebanyakan detektif swasta sepertinya pernah bergabung dengan institusi “yang berwenang”. Mereka menjalankan operasinya dengan mengandalkan pengetahuan dan koneksi mereka ketika masih dalam lingkungan itu. Biaya jasanya tidak terlalu jelas berapa. Ada informasi biayanya tergantung kasus yang ditangani. Cara menjalankan bisnisnya kira-kira seperti pengacara atau akuntan publik.

Tulisan tentang detektif yang saya buat akhirnya kembali lagi ke tokoh-tokoh fiksi yang telah menjadi idola banyak orang selama bertahun-tahun ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini