Ana

Sabtu, 20 Februari 2016

Kaos Zuck




            Mark Zukerberg, pendiri Facebook yang akrab disapa dengan panggilan Zuck itu hampir setiap hari mengenakan kaos oblong. Kaos oblong itu hampir selalu bersanding dengan celana jins dan sepatu sneaker. Sepertinya ini adalah set pakaian favoritnya. Ia mengenakannya hampir dalam setiap kesempatan, termasuk pada saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo.
            Presiden Joko Widodo sepmat berkunjung ke markas Facebook dalam kunjungannya ke Amerika Serikat baru-baru ini. Foto-foto kunjungannya itu menghiasi halaman media cetak. Foto-fotonya juga bertebaran bebas di media sosial, termasuk di linamasa saya.
            Namanya juga media sosial, pasti ada yang berkomentar. Salah satu komentar yang saya komentari adalah komentar tentang pakaian Zuck. Ada yang mengatakan pakaiannya tidak sopan. “Ketemu presiden kok pake kaos,” demikian komentarnya. Ada juga yang mengatakan pemilihan pakaian santai itu artinya Zuck merendahkan atau menghina bangsa Indonesia. Saya jadi tersenyum membacanya komentar ini. Dari komentar itu sudah dapat ditebak umur komentator ini. Pasti dia sudah setengah baya, atau mungkin sudah beranjak tua.
            Anggapan memakai kaos tidak sopan itu memang berkembang pesat di masyarakat Indonesia, termasuk di lingkungan tempat saya bertumbuh. Dalam beberapa kegiatan, bahkan sangat mengharamkan penggunakaan kaos, terutama kaos oblong. Kaos oblong dianggap tidak sopan. Kalau kaos yang ada kerahnya dianggap mendingan. Pakaian yang sopan adalah hem atau blus.
Saya termasuk orang yang mengikuti “aturan” ini. Itu sebenarnya semata-mata supaya tidak menimbulkan keributan yang tidak perlu. Daripada dimelin berjam-jam karena memakai kaos oblong, mendingan memakai pakaian sesuai dresscode. Menurut saya memakai kaos oblong itu sopan. Yang tidak sopan itu adalah tidak memakai baju.
Zuck menerima tamunya dengan menggunakan kaos juga menurut saya tidak masalah. Sebagai rakyat Indonesia, saya tidak merasa terhina. Wajar-wajar saja jika orang menerima tamu dengan pakaian yang nyaman digunakan. Saya yakin Pak Presiden yang menjadi tamunya juga tidak menjadikan hal ini masalah. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini