Ana

Selasa, 09 Februari 2016

Canggih Zaman Sherlock




            Akhir-akhir ini saya membaca kembali cerita Sherlock Holmes. Cerita yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle ini menceritakan tentang seroang detektif cerdas bernama Sherlock. Hampir dalam setiap ceritanya menggunakan sudut pandang sahabat sang detektif, Dokter John Watson.
            Cerita detektif ini setting-nya pada permulaan akhir tahun 1800-an sampai awal 1900-an. Saat itu belum banyak kendaraan bermotor. Dalam beberapa kisahnya, sang detektif menggunakan kereta kuda sebagai kendaraannya. Untuk berkirim pesan, detektif kurus ini menggunakan surat dan telegram. Telegram yang dimaksud benar-benar telegram yang dikirim dengan kawat itu, bukan aplikasi chating jaman sekarang.
            Membaca kejadulan cerita ini justru membuat kagum. Dengan peralatan yang sederhana, detektif ini bisa memecahkan banyak kasus. Sebenarnya yang lebih mengagumkan adalah penulisnya. Sang penulis adalah pencipta tokoh ini. Dia bisa membuat misteri dan penyelesaiannya sekaligus. Menurut saya pemikirannya sangat canggih. Salut untuk Sir Arthur. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini