Ana

Rabu, 03 Februari 2016

514 Kota di Indonesia




            Saya sudah cukup lama mendengar kalau jumlah kota di Indonesia ini ada ratusan. Tepatnya berapa, saya tidak ingat. Saya tidak pula menghitungnya walaupun pernah berniat demikian. Saya baru tahu jumlah pastinya ketika berkunjung ke sebuah institusi pemerintah.
            Dalam sambutan seorang pejabat, dia berkali-kali mengatakan jumlah kota di Indonesia ada 514. Jumlah kota itu terkait erat dengan pekerjaannya di bagian pendidikan dasar. Angka 514 itu teringat begitu jelas di otak saya.
            Saya, seorang yang bercita-cita untuk keliling dunia ini, juga bercita-cita untuk keliling Indonesia. Indonesia juga bagian dari dunia, kan? Kota adalah bagian terpenting dari suatu daerah. Saya berniat mengunjungi sebanyak-banyaknya kota di Indonesia dan membuat catatan tentang kota itu.
            514 bukanlah jumlah yang sedikit. 514 adalah jumlah yang melebihi jumlah hari dalam setahun. Kalau kota-kota itu saya kunjungi dalam 1 hari, waktu setahun pun tidak akan cukup. Lagian agak kurang kerjaan juga mengunjungi kota dalam sehari. Apa yang bisa ditulis kalau kita hanya sekedar mampir. Saya sih niatnya mau mengunjungi tiap kota minimal selama 3 hari. Kalau kotanya asyik mungkin lebih lama lagi.
            Mengunjungi kota-kota ini tentunya memerlukan waktu dan biaya. Sesuatu yang saat ini tidak banyak saya miliki. Semoga suatu saat nanti saya bisa berkunjung ke 514 kota yang ada di negara saya ini. Tentu saja ceritanya akan saya bagikan di blog ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini