Ana

Selasa, 26 Januari 2016

Sungai Teh



            Sungai-sungai di Kalimantan kebanyakan airnya tidak bening. Warnanya coklat kemerahan seperti air teh. Air ini berasal dari akar-akar tanaman dan pengaruh tanah gambut yang memang sangat banyak berada di Kalimantan.
            Bagi orang yang tidak terbiasa melihatnya, air di sungai itu terlihat kotor dan mungkin agak menjijikkan. Bila terlihat di sungai yang dalam, air teh itu terlihat sangat pekat. Warnanya sangat gelap, nyaris hitam. Dasar sungai sama sekali tidak terlihat.

            Air berwarna teh itu sebenarnya tidak berbahaya bila diminum. Warna teh itu adalah pengaruh tanah gambut tempat air itu meresap dan melalui daur hidrologinya. Ketika air itu keluar, warnanya seperti teh bening. Kalau diperhatikan air ini tidak keruh.
            Air ini tidak beracun. Saya beberapa kali meminumnya saat kecil dulu. Awalnya saya meminum air ini karena penasaran bagaimana rasanya. Dulu saya bertanya-tanya apakah air ini sama rasanya seperti teh? Ternyata tidak. Rasanya hampir mirip seperti air biasa.
            Sampai sekarang, saya belum menemukan penelitian tentang air yang berwarna seperti teh itu. Kalaupun ada, saya akan membacanya dengan senang hati. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini