Ana

Jumat, 22 Januari 2016

Musim Tebang Pohon




            Memasuki tahun baru 2016, artinya juga memasuki musim hujan. Bulan Januari dan Februari biasanya menjadi puncak hujan (dan banjir) di Jakarta. Musim ini hampir selalu terjadi setiap tahun. Makin lama, bahkan dampaknya pada penduduk Jakarta makin besar.
            Salah satu akibat hujan lebat adalah pohon-pohon yang tumbang. Pohon-pohon yang kebanyakan berukuran besar itu ada yang dahannya patah, ada juga yang sampai tercerabut akarnya. Yang jelas akan mengakibatkan kemacetan lalu lintas di daerah sekitarnya.
            Pemerintah daerah (atau badan yang berwenang) sepertinya telah mengambil langkah-langkah pencegahan supaya hal itu tidak terjadi. Berdasarkan hasil pantauan saya, cukup banyak pohon-pohon yang ditebang atau dikurangi dahan-dahannya. Daun-daunnya yang rimbun pun dikurangi.
            Beberapa daerah yang daun-daunnya dipangkas antara lain di daerah Cempaka Putih, Menteng dan Gambir. Pohon-pohon di daerah ini memang cukup banyak yang rimbun dan tinggi. Dahan-dahannya dipotong dengan menggunakan gergaji listrik. Saya ada memotret seorang pemotong dahan pohon yang sepertinya sedang beristirahat sejenak. Hmmm… Atau sebenarnya dia pingin gaya, ya? Tuh, lihat aja hasil fotonya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini