Ana

Senin, 25 Januari 2016

Misteri SAL PHB




            Sudah cukup lama saya bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan SAL PHB. Tulisan ini kerap terlihat di jalan yang saya lewati. Tulisan ini tertera di papan petunjuk berwarna hijau yang mirip seperti papan petunjuka jalan. Beberapa orang teman saya ada juga yang bertanya-tanya tentang SAL PHB ini.
            Saya berhasil menguak misteri SAL PHB ini sebenarnya tanpa sengaja. Beberapa waktu yang lalu, saya menulis artikel tentang kanal banjir di Jakarta. Untuk melengkapi tulisan ini, saya berkunjung ke kanal banjir terbaru di Jakarta, Kanal Banjir Timur.
            Saya mengunjungi kanal banjir yang juga dijadikan tempat wisata ini dengan menggunakan Mocil. Setelah melihat-lihat jalan inspeksi, saya menjelajah pemukiman yang tidak terlalu jauh dari kanal itu. Di tempat inilah saya melihat lagi SAL PHB. Saya tidak sempat memotretnya.
            Setelah kunjungan itu, saya bertekad untuk mengetahui apakah sebenarnya SAL PHB itu. Tidak perlu waktu lama, akhirnya saya bisa mengetahui misteri itu. SAL PHB adalah singkatan dari saluran penghubung. Saluran penghubung ini adalah saluran air yang menghubungkan aliran sungai dan kanal buatan.
            SAL PHB ternyata tidak terlalu misterius. Siapa saja orang yang berwenang membuat penanda saluran itu memang sangat mungkin menggunakan singkatan itu. Singkatan itu memang jauh lebih mudah dimengerti dibandingkan dengan SP, atau salpeng.
            Setelah mengetahui arti SAL PHB, saya merasa agak-agak terkecoh. Jawabannya sebenarnya sudah bisa ditebak dengan mudah. Misteri yang terbongkar ini menimbulkan ide baru untuk cerita. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini