Ana

Minggu, 03 Januari 2016

Menghapus Semua Twit




            Di akhir tahun 2015, saya berniat menghapus semuat twit saya. Ada beberapa aplikasi yang mendukung niat saya ini. Saya segera mencobanya. Aplikasi yang saya gunakan berkali-kali adalah twitwipe. Aplikasi ini dapat menghapus twit dalam jumlah yang cukup banyak. Tidak perlu klik satu per satu. Saya juga pernah mencoba menghapu satu per satu, hasilnya tangan saya, terutama telunjuk kanan, pegal sekali.
            Menghapus twit itu sebenarnya bukan karena membuang sial atau melupakan masa lalu. Itu lebih karena untuk penyegaran akun. Ada ribuan twit di akun twitter saya. Dari ribuan itu, banyak sekali yang sama. Saya memang sering share hal yang sama, hal yang berhubungan dengan blog ini. Ribuan twit yang ada di akun saya itu hampir tidak ada gunanya karena tidak bisa diakses lagi.
            Perlu proses cukup lama untuk membersihkan seluruh twit itu. Menurut petunjuk yang ada di Twitwipe, memang perlu waktu lama. Tidak perlu ditunggu. Tinggalkan saja semalaman baru kemudian lihat hasilnya. Ternyata, cara ini belum berhasil. Memang benar ada lebih dari 1000 twit yang terhapus, namun yang tersisa lebih banyak lagi. Ternyata twit saya sudah berjumlah puluhan ribu.
            Di awal tahun 2016, saya sudah kehilangan sedikit semangat untuk menghilangkan twit saya itu. Aplikasi itu tidak berhasil menghilangkan semua twit saya. Lihat saja @anatoemon. Masih banyak twit yang (terlihat) tersisa walaupun tidak bisa diakses lagi. Saya sampai sempat mencoba klik satu per satu sampai akhirnya kehilangan semangat. Sepertinya kegiatan ini tidak terlalu berguna. Lebih baik waktu dan tenaganya saya gunakan untuk mengerjakan yang lain saja. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini