Ana

Kamis, 31 Desember 2015

Panggung Tahun Baru Ditiadakan




            Beberapa jam lagi, tahun akan berganti. Tahun 2015 akan menjadi tahun 2016. Malam pergantian tahun ini dirayakan oleh banyak orang, tidak terbatas pada agama atau suku tertentu. Pergantian tahun juga menjadi bahan jualan bagi banyak industri.
            Kemeriahan malam tahun baru yang paling sering adalah dengan mengadakan panggung hiburan. Panggung hiburan ini diadakan sejak sore hari dan masih berlangsung hingga tengah malam. Pada saat tengah malam, orang-orang yang berkumpul itu bersama-sama menghitung detik-detik terakhir pergantian tahun. Setelah itu bunyi-bunyian terdengar. Terompet kertas adalah alat musik berisik yang paling sering digunakan.
            Dua tahun lalu, pergantian tahun di Jakarta dirayakan dengan sangat meriah. Gubernur saat itu, Joko Widodo, memerintahkan untuk mendirikan beberapa panggung di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin. Sehari-harinya, jalan ini adalah jalan yang sangat padat. Jalan ini juga dibebaskan dari kendaraan bermotor.
            Pada akhir tahun ini, panggung hiburan di sepanjang jalan itu ditiadakan. Tidak ada kegiatan hiburan khusus di tempat ini walaupun jalan tetap dibebaskan dari kendaraan bermotor. Pengumuman tentang tiadanya panggung hiburan ini sudah ada sejak beberapa hari yang lalu.
            Pemda DKI Jakarta memberikan penjelasan untuk absennya panggung hiburan ini. Pengumpulan massa di daerah itu memang dihindari karena adanya pembangunan MRT. Pembangunan terowongan MRT ini memakan sebagian badan jalan. Untuk membangun terowongan itu, ada beberapa lobang yang memang sengaja dibuat. Lobang-lobang ini kemungkinan akan menimbulkan masalah baru bila banyak orang berkumpul bersamaan. Bisa jadi ada orang yang tidak sengaja terjatuh ke dalam lobang ini.
            Bagi saya, ada atau tidak ada panggung hiburan enggak terlalu ngaruh. Kalaupun ada, saya tidak terlalu tertarik untuk menghabiskan waktu di tempat itu. Keluarga kami akan berkumpul bersama di rumah kami yang indah permai itu. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini