Ana

Sabtu, 05 Desember 2015

Natal Komersil Ala Barat




            Ketika akhir tahun tiba, pusat-pusat perbelanjaan mulai sibuk dengan agenda tahunan, Natal. Natal memang salah satu season penting yang mampu meningkatkan penjualan. Kebiasaan memberi kado saat Natal tiba adalah peluang besar untuk mendapatkan keuntungan.
            Pusat-pusat perbelanjaan mulai berdandan dengan nuansa Natal. Kebanyakan dengan nuansa ala barat, atau mungkin tepatnya nuansa Natal di Bumi bagian utara. Natal yang jatuh di bulan Desember, adalah musim dingin di Bumi bagian utara. Musim dingin artinya saatnya salju turun.
            Hiasan di pusat perbelanjaan pun berubah menjadi musim dingin. Ada ornamen salju, manusia salju, dan juga rusa kutub. Tentu saja ada Santa Claus, kakek gemuk baik hati yang suka memberikan hadiah kepada anak-anak di seluruh dunia.
            Saya kadang-kadang agak gerah di pusat perbelanjaan berdekor musim dingin ala barat itu. Kadang-kadang apa yang dusajikan sangat menyimpang dari makna Natal yang sebenarnya. Apalagi Natal yang pertama itu dirayakan dengan sangat sederhana, di kandang domba.
            Makin gerah lagi rasanya kalau Natal hanya dijadikan sebagai komoditi jualan, tanpa maksud baik di baliknya. Padahal Natal adalah peringatan kelahiran Sang Raja yang sangat baik. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini