Ana

Rabu, 02 Desember 2015

Festival di Jakarta (?)




            Saya cukup sering menghadiri festival yang ada di Jakarta. Selain karena suka, saya juga mencari berita yangbisa saya tulis. Akan lebih sreg rasanya kalau artikel itu dilengkapi dengan foto-foto yang saya potret sendiri.
            Dari beberapa festival itu, ada yang dipersiapkan dengan baik (dan berhasil baik), ada juga yang persiapannya ala kadarnya. Persiapan ala kadarnya itu sangat kelihatan dari kurangnya publikasi dan juga kenyamanannya. Kadang-kadang saya menduga pengadaannya memang hanya asal-asalan demi menghabiskan anggaran.
            Suatu hari, saya mendengar berita kalau Ahok, Gubernur DKI Jakarta yang galak itu, marah-marah kepada Kepala Dinas Pariwisata. Pasalnya karena ada banyak sekali festival dan acara wisata di Jakara, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Acara-acara berbiaya mahal itu dianggap membuang-buang uang saja.
            Mendengar hal itu, saya jadi teringat pada pengalaman saya mendatangi aneka festival, pameran, dan acara wisata di Jakarta. Saya akui, memang cukup banyak acara yang diadakan hanya seadanya. Orang-orang yang datang kebanyakan hanya pegawai pemerintah, yang artinya pihak penyelenggara. Bisa dimaklumi kalau tidak banyak masyarakat yang tahu, wong publikasinya super minim.
            Saya tidak tahu apa yang terjadi setelah Ahok marah-marah. Apakah orang-orang yang berwenang akan memperbaiki kinerjanya atau malah berhenti mengerjakannya. Ya, selain suka marah-marah, Ahok dikenal suka memecat orang yang kinerjanya tidak baik. Dengan dipecat, tentu saja ia berhenti mengerjakan pekerjaannya.
            Dengan adanya perhatian dari pemimpin tertinggi di daerah khusus ibu kota ini, saya berharap festival yang diadakan makin baik persiapannya dan digarap dengan baik. Sayang juga, kan, menghamburkan uang rakyat untuk sesuatu yang tidak terlalu berguna. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini