Ana

Sabtu, 26 Desember 2015

Buah Berry dan Pestisida




            Belum lama ini beredar kabar untuk berhati-hati memakan buah berry. Baik strawberry, blueberry, raspberry, blackberry, dll. Himbauan itu mengatakan kalau di kulit buah berry ada pestisidanya. Kulit buah berry yang tipis kemungkinan bisa menyebabkan pestisida masuk ke dalam dagingnya. Pestisida pada buah berry tidak akan hilang walaupun sudah dicuci. Disebutkan juga akibat pestisida yang merugikan kesehatan.
            Buah berry bukanlah buah yang umum di Indonesia. Hanya strawberry yang banyak ditanam di Indonesia. Selebihnya diimpor. Saya juga jarang memakan buah-buahan ini. Selain tidak mudah didapat, buah berry rasanya asem. Saya tidak terlalu suka rasa asem. Saya tidak terlalu khawatir kalaupun buah ini memiliki kandungan yang mematikan.
            Walaupun tidak khawatir, ide pikiran tentang buah berry dan pestisidanya tetap masuk dalam pikiran saya. Saya rasa wajar saja kalau ada pestisida di buah berry. Seperti umumnya tanaman lain yang dibudidayakan, pestisida adalah teman setia. Pestisida melindungi buah-buahan itu dari hama. Pestisida adalah racun bagi makhluk hidup yang dianggap hama. Pestisida pun menjadi racun bagi manusia.
            Buah-buahan memang baik sebagai sumber vitamin. Buah berry termasuk dalam buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang banyak. Buah-buah ini pun menjadi terkenal karena dijadikan perasa makanan. Buah-buah ini pun makin terkenal karena banyaknya tulisan tentang buah ini, yang ditulis oleh penulis-penulis yang tinggal di belahan barat Bumi. Ya, buah-buah ini memang lebih banyak tumbuh di negara barat.
            Di negara tropis seperti Indonesia, buah-buah berry ini kalah pamor. Banyak buah-buahan lain yang menjadi makanan masyarakat sehari-hari. Pepaya, mangga, pisang, dan jambu antara lain buah-buahan yang terkenal. Buah-buahan ini bahkan ada lagunya, lo.
Kebanyakan buah tropis memiliki kulit yang cukup tebal. Kulitnya ini melindungi daging buah dari hama. Kulit buah ini seperti semacam kemasan alami bagi daging buah yang ada di dalamnya. Rasanya juga lebih enak, terutama menurut selera saya. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini