Ana

Kamis, 24 Desember 2015

Beruang Tak Selucu Boneka Beruang




            Beruang adalah binatang yang paling sering dijadikan boneka. Boneka beruang bentuknya imut dan lucu. Biasanya ukurannya dibuat pas untuk dipeluk-peluk. Kedua alasan itu sudah cukup menjadikan boneka beruang sebagai boneka kesayangan. Saya mengenal beberapa orang yang boneka kesayangannya berbentuk beruang. Pada pohon natal boneka di GKI Kwitang juga banyak bonek beruang. Tentu saja bentuknya lucu-lucu. Saya memotret beberapa boneka itu. Lihat aja, tuh. Lucu, kan?
            Esoknya, kebetulan saya menulis artikel tentang binatang liar. Pencarian saya tanpa sengaja berhenti di beruang liar. Beruang hidup hampir di seluruh dunia. Di kutub yang bersalju pun ada. Beruang biasanya berwarna agak gelap, dari coklat sampai hitam. Beruang kutub berubah menjadi warna putih.
            Beruang ternyata jauh dari imut. Kebanyakan beruang adalah karnivora yang mengobrak-abrik mangsanya dengan ganas. Beruang imut pemakan madu seperti Winnie the Pooh hanya ada dalam cerita fiksi. Kalaupun beruang di alam bebas memakan madu, tentu sarang lebah akan porak poranda. Itu baru dari informasi yang saya baca, liat videonya apalagi. Benar-benar enggak imut, deh. Beruang asli itu tidak selucu boneka beruang.
            Boneka beruang yang imut dan lucu pasti diilhami oleh beruang yang sesungguhnya. Lebih tepatnya bentuknya yang diilhami oleh beruang di alam nyata. Image lucu mungkin akan melekat pada kebanyakan anak. Bisa jadi boneka beruang adalah mainan pertama yang dimiliki anak-anak. Semoga saja tidak membuat pengertian yang salah kepada anak-anak itu ketika mereka tumbuh dewasa kelak. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini