Ana

Rabu, 25 November 2015

Hari Guru




            Hari Guru di Indonesia diperingati setiap tanggal 25 November. Hari ini adalah hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari ini biasanya dirayakan dengan upacara di sekolah. Biasanya ada juga penghargaan dari pemerintah untuk guru-guru yang berprestasi.
            Hari Guru bukanlah hari yang spesial bagi saya. Saya sering lupa Hari Guru itu kapan. Beda halnya dengan hari kemerdekaan, atau hari Natal. Tanpa perlu menggali ingatan lama-lama, saya langsung bisa mengingatnya. Hari guru di tahun ini pun sempat saya lupakan sampai seorang rekan saya bertanya.
            Peringatan hari guru tidak hanya di Indonesia. Hari yang khusus untuk menghargai guru ada di seluruh dunia. Waktunya berbeda-beda tetapi maksudnya hampir sama. Peringatan itu untuk menghargai jasa para guru.
            Bertahun-tahun yang lalu, saya pernah bercita-cita menjadi guru, tepatnya guru SD atau TK. Pinginnya sih ngajarin anak-anak. Cita-cita ini pernah saya sampaikan ke orang tua dan mendapat tanggapan yang biasa saja. Tanggapan yang tidak bisa disebut sebagai dukungan karena setelah itu yang dibicarakan adalah dokter dan insinyur, cita-cita paling populer di masa kecil saya dulu.
            Pada peringatan Hari Guru tahun 2015 ini, semoga saja penghargaan kepada guru tidak hanya basa-basi. Harus diyukuri juga kalau Mendikbud yang sekarang adalah orang yang menghargai guru. Penghargaan itu ditunjukkan dengan beberapa kebijakannya. Walaupun penghargaan itu belum bisa mengubah hidup di seluruh negeri, paling enggak pengambil keputusannya adalah orang yang menghargai guru.
            Saya sih belum bisa mengubah nasib guru. Saya hanya bisa memberi perhatian. Beberapa ada yang saya tuliskan di blog ini. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini