Ana

Sabtu, 15 Agustus 2015

Ulat Kaki Seribu




            Ulat kaki seribu adalah binatang yang sering saya jumpai semasa kecil di Kalimantan dulu. Ulat ini berkaki banyak. Pasti dia dinamakan kaki seribu karena jumlah kakinya yang banyak itu. Apakah benar jumlah kakinya memang seribu? Ternyata enggak, lo. Jumlah kakinya hanya beberapa puluh. Ada juga yang mencapai ratusan, tergantung jenisnya. Yang pasti jumlahnya genap.
            Sudah sejak lama saya cukup tertarik dengan ulat ini. Dulunya saya pikir ulat ini sama seperti ulat lainnya, yang akan berubah menjadi kupu-kupu atau ngengat. Ternyata tidak demikian. Ulat ini berbentuk ulat seumur hidupnya.
            Beberapa orang agak takut dan “geli” melihat ulat ini. Saya sih tidak. Ulat ini menjadi semacam “mainan” saya waktu kecil. Saya dan kakak saya sering mengganggu ulat-ulat malang yang berada di sekitar rumah kami. Kami memburunya sampai tubuhnya menggulung. Ya, ulat kaki seribu menggulung tubuhnya ketika ada gangguan. Kadang-kadang, ulat-ulat ini kami lemparkan ke kandang ayam. Ayam-ayam peliharaan Mamah itu dengan sukacita menyantap ulat bernasib malang itu.
            Setelah bertahun-tahun tinggal di Jakarta, saya jarang bertemu dengan ulat kaki seribu. Di rumah kami, yang terletak di tengah kota, hampir tidak ada ulat jenis ini. Yang ada ulat-ulat kecil yang kelak akan berubah menjadi kupu-kupu. Ular malah pernah ada.
            Tak heran kalau anak-anak yang tumbuh di Jakarta tidak familiar dengan ulat kaki seribu. Beberapa teman saya ketakutan setengah mati ketika melihat ulat kecil ini. Mereka menjerit-jerit panik melihat ulat yang bisa dilenyapkan dengan sekali injak.
            Ketika kembali ke Kalimantan, saya bertemu lagi dengan ulat kaki seribu. Saya menemukannya di beberapa tempat. Yang ada di foto ini adalah ulat yang saya temui di daerah Tangkiling, daerah bukit wisata di Kalimantan Tengah. Saya memotretnya sebagai kenangan pada masa lalu saya yang diwarnai oleh ulat kaki seribu.
            Ketika menuliskan catatan ini, saya baru mengetahui beberapa fakta tentang ulat kaki seribu. Hewan bernama keren milipede ini termasuk dalam filum Arthropoda. Kebanyakan mereka adalah herbivora yang memakan daun-daunan dan sisa tumbuhan. Kotoran yang dikeluarkan mengandung zat hara yang baik bagi kesuburan tanah. Karena itulah ulat kaki seribu tinggal di daerah berhutan seperti Kalimantan. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini