Ana

Minggu, 12 Juli 2015

Mbak Artinya Pembantu?


            “Duh, Mbak mau pulang kampung, nih,” keluh beberapa orang kenalan saya.
Keluhan itu adalah keluhan ribuan penghuni Jakarta ketika mendekati Lebaran. Yang dimaksud dengan “Mbak” itu adalah asisten rumah tangga yang dapat dikatakan pula sebagai pembantu. Sebutan “Mbak” sebagai kata sapaan, sekarang sudah bergeser menjadi kata benda.
Pergeseran kata “Mbak” tidak hanya itu. Dulu, kata “Mbak” dalam bahasa Jawa hanya digunakan untuk memanggil kakak perempuan atau seorang perempuan yang dituakan. Sekarang, semua pembantu perempuan, berapapun usianya, akan mendapat kata panggilan “Mbak”.
Saya kadang-kadang agak risih dengan pergeseran makna ini. Saya juga orang yang dipanggil “Mbak” oleh adik-adik saya. Itu karena pengaruh nenek saya yang berasal dari Jogja. Keluarga kami, keluarga Dayak itu, memanggil kakak-kakaknya dengan sebutan Mbak dan Mas.
Suatu kali, pernah ada orang yang bercanda. Dia memanggil saya “Mbak Ana”, kemudian pura-puranya menyuruh saya menyapu dan mengepel. Saya hanya diam saja sambil mengangkat alis. Buat saya, sebutan “Mbak” bukan buat becandaan kaya gitu. Saya dibesarkan untuk menghormati orang yang dipanggil dengan sebutan “Mbak”, bukannya malah menyuruh-nyuruh.
Saya juga agak-agak gimana, yah, rasanya kalau ada orang yang bilang, “Enggak pake babysitter, kok. Pake mbak, aja.” Sebenarnya saya paham, sih, maksudnya. Dia memilih mempekerjakan seorang perempuan yang belum mendapatkan pendidikan babysitter.
Memanggil pembantu dengan sebutan mbak sebenarnya juga menunjukkan (sedikit) penghormatan kepada orang dipanggil. Saya pernah mendengar orang tua yang memang mengajarkan anak-anaknya untuk memanggil pembantunya dengan sebutan “Mbak ….”, tidak hanya namanya saja. {ST}

Popular Posts

Isi blog ini